Jumat, 12 Februari 2016

Globalisasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

Assalamualaikum.Wr.Wb

Oke sekarang kita bakalan bahas tentang yang namanya tidak boleh disebut :v ehh maksudnya kita bakalan bahas tentang yang namanya boleh disebut yaitu "GLOBALISASI". Pasti kita sering banget kan denger serangakain kata-kata indah seperti modernisasi,telekomukasi,era tinggal bebas,pasar bebas ataupun yang lagi ngetren sekarang nih munculnya banyak agama-agama baru seperti gavatar,ISIS,dll. semua kata-kata indah itu kita dengar karena adanya suatu pengaruh, yaitu globalisasi. jadi GLOBALISASI itu apasih (?).
 Globalisasi adalah proses masuknya keruang lingkup dunia. dari pengertiannya aja kita udah bisa tau yaa gaess kalo GLOBALISASI itu nggak cuma mencangkup wilayah indonesia tapi udah mencangkup seluruh wilayah didunia ini. kata GLOBALISASI itu juga menunjukan adanya proses, maksud dari adanya proses dalam kata GLOBALISASI ini adalah globalisasi tidak akan masuk ke ruang lingkup dunia jika tidak adanya proses, jadi proses tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. faktor tersebut yang akan kita ulas lebih lanjut dibawah ini :






Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaranpandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculantelegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.
Meski sejumlah pihak menyatakan bahwa globalisasi berawal di era modern, beberapa pakar lainnya melacak sejarah globalisasi sampai sebelum zaman penemuan Eropa dan pelayaran ke Dunia Baru. Ada pula pakar yang mencatat terjadinya globalisasi pada milenium ketiga sebelum Masehi. Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, keterhubungan ekonomi dan budaya dunia berlangsung sangat cepat.
Istilah globalisasi makin sering digunakan sejak pertengahan tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an.Pada tahun 2000, Dana Moneter Internasional (IMF) mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi: perdagangan dantransaksi, pergerakan modal dan investasimigrasi dan perpindahan manusia, dan pembebasan ilmu pengetahuan. Selain itu, tantangan-tantangan lingkungan seperti perubahan iklimpolusi air dan udaralintas perbatasan, dan pemancingan berlebihan dari lautan juga ada hubungannya dengan globalisasi. Proses globalisasi memengaruhi dan dipengaruhi oleh bisnis dan tata kerjaekonomi, sumber daya sosial-budaya, dan lingkungan alam.
Proses terjadinya globalisasi muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan,tekhnologi, dan komunikasi ditandai dengan adanya berbagai transportasi modern yang makin canggih.dampak dari globalisasi itu memberikan kemudahan semua orang. seperti komunikasi antar manusia semakin dekat,waktu yang ditempuh lebih singkat,dan mau bergerak pindah ketempat manapun menjadi lebih singkat dan mudah. oleh karena itu masyarakat dunia harus menerima proses globalisasi dengan baik. Adapun wujud dari arus globalisasi adalah sebagai berikut :
  • Arus etnis berupa mobilitas manusia dalam bentuk imigran,turis,pengungsi, dan lain-lain.
  • Arus teknologi berupa mobilitas teknologi, munculnya organisasi multinasional dan organisasi transnasional.
  • Arus keuangan berupa mobilitas penanaman modal asing,investasi,ekspor, dan impor.
  • Arus gagasan atau pendapat berupa meningkatnya nilai baru dalam dunia sehingga menjadi isu internasional.
Akibat arus budaya global, isu-isu internasional sekarang ini banyak berpengaruh pada semua aspek kehidupan.Pengaruh globalisasi pada aspek-aspek kehidupan memiliki bentuk yang berlainan. Berikut ini bentuk globalisasi dalam beberapa aspek kehidupan :
  • Globalisasi Informasi
Globalisasi informasi yang terjadi dimungkinkan oleh penggunaan media elektronik dalam mengirim dan menerima informasi. Mula-mula melalui radio dan TV, kemudian melalui jaringan internet. Efek yang dimungkinkan penggunaan radio dan TV adalah bahwa ruang dan waktu menjadi kecil.sebagai contoh, apa yang terjadi diwilayah Etiopia,Afrika sudah dapat diketahui di jakarta. Para ahli komunikasi menyebutnya sebagai gelaja time-space comperession atau menyusutnya ruang dan waktu. Teknologi informasi juga memudahkan dan memungkinkan manusia berhubungan lebih cepat,murah,dan terjangkau sehingga memiliki potensi untuk mendorong pembangunan masyarakat yang demokratis.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEha2bKRK5QZaGPkYSlsm3YKhcf8Zh07isroHEtQTo2-1ebkzsck9wXpM5Q_yTGz-w2cwH_tDOWfyJLRSnxKiVUgV1HNnkFqNNLOxXi9oJFhJH2vPU7wAdd8RHMVYH5x138g5A0FnH-_aZY_/s320/Daftar+Radio+dan+TV+di+Kota+Bandung.jpg
Globalisasi informasi ditandai dengan penyebaran akses informasi
keseluruh dunia dengan peralatan seperti radio,tv,internet,dan satelit.

  • Globalisasi kebudayaan

Globalisasi memengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaranya aspek budaya. kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai atau (values) yang dianut oleh masyarakat. Perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal abad ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi.
Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membutuhkan penyesuaian tata nilai dan perilaku. Dalam suasana dinamis tersebut, pengembangan kebudayaan diharapkan dapat memberikan arah bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan adalah sebagai berikut :
1.     Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
2.     Berkembangnya turisme dan pariwisata.
3.     Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian,film,dll.
4.     Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti piala dunia.dll
*     Isu-Isu Globalisasi :
  • Demokrasi
  • Isu tentang Hak Asasi Manusia (HAM)
  • Transparansi (Keterbukaan)
  • Pelestarian Lingkungan Hidup
  • Pluralisme (menghargai keberanekaan dan perbedaan)
  • Pasar Global dan Pesaing Global

*     Faktor yang mempengaruhi terjadinya Globalisasi :
  • Faktor kebutuhan
  • Faktor pengaruh dari negara lain
  • Faktor perkembangan ilmu pengetahuan

*     Dampak atau pengaruh positif dan negatif dari globalisasi untuk indonesia :

Positif : 

  1. 1.     Pemerintah dijalankan secara terbuka dan demokratis.
  2. 2.     Terbukanya pasar internasional (MEA), meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa Negara.
  3. 3.     Kita dapat meniru pola piker yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju.
Negatif :

  1. 1.     Mengubah paham masyarakat indonesia yang tadinya paham nasionalisme menjadi paham liberalisme.
  2. 2.     Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyak produk luar yang membanjiri Indonesia.
  3. 3.     Remaja yang lupa akan identitas dirinya Karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat.
  4. 4.     Munculnya sifat individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar perilaku sesama warga.
  5. 5.     Mengakibatkan adanya kesenjangan social yang tajam antara kaya dan miskin.


Kesimpulan :
                Kita sebagai masyarakat dunia harus menerima proses globalisasi dengan baik. Dari sisi lain juga harus memperhatikan dampak-dampak yang akan terjadi jika kita terlalu mengikuti arus globalisasi tanpa adanya pemikiran yang matang atau asal ngikutin aja. Seharusnya sebelum kita terlalu terbawa oleh arus globalisasi, kita harus punya yang namanya prinsip. Jika kita mempunyai prinsip maka insyaallah kedepannya akan lebih baik, dari adanya prinsip itu kita harus bias membedakan mana globalisasi yang berdampak (positif) yang baik untuk kita dan mana yang berdampak (negative) yang tidak baik untuk kita.

Wassalamualaikum.Wr.Wb

2 komentar:

  1. Mkasih Infonya Miaa (y) mampir ke blog gua juga yaa like + comment blog guaa :v

    BalasHapus
  2. Mkasih Infonya Miaa (y) mampir ke blog gua juga yaa like + comment blog guaa :v

    BalasHapus

 

BeautifulWorld Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates